MAKALAH
TUGAS KEWARGANEGARAAN
“SEMAKIN
MENINGKATNYA ANGKA KEMISKINAN”
DISUSUN
OLEH :
DIAN
FITRI WIJAYANTI
XI
– IIS 1
SMA
NEGERI 93 JAKARTA
KATA PENGANTAR
Pertama-tama
kitapanjatkanpujidansyukurkehadirat Allah swt.yangtelahmemberikanrahmatdanhidayahnyasehingga
kami dapatmeyelesaikantugasMakalahKewarganegaraaninidenganbaik. Dan kami
banyakmengucapkanterimakasihkepadakedua orang tua kami dansegenaprekan yang
telahmendukung kami dalammeyelesaikantugasMakalahKewarganegaraaninidanterakhir
kami mengucapkanterimakasihkepadaIbuDra.Murdaningsihselaku Guru
matapelajaranKewarganegaraan yang telahmembimbing kami
dalammeyelesaikantugasini
Jakarta,
09 Maret 2015
i
.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR………………………………………………………………………….i
DAFTAR
ISI…………………………………………………………………………………. ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang…………………………………………………………………1
1.2 RumusanMasalah………………………………………………………………1
1.3 TujuanPenelitian
……………………………………………………………1
1.4 ManfaatPenelitian……………………………………………………………1
BAB
II PEMBAHASAN
2.1 KebijakanmengatasiTingginyaAngkaKemiskinan………………………...2.
2.2 KeuntungandanKerugianKebijakantersebut……………………………2&3
2.3 KebijakanTidakMelanggarPerundang-undangan………………………….3
2.4 Lembagapemerintah yang
bertanggungjawabterhadapkebijakantersebut…3
BAB
III PENUTUP
3.1
Kesimpulan…………………………………………………………………..4
DAFTAR
PUSTAKA
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang
Kemiskinanadalahsuatumasalah
social yang
dimanamasyarakatsudahtidakmampumemenuhikebutuhan-kebutuhanhidupnyadalambatas
minimal.Pencapaiankebutuhanhidupsecara minimal bagimasyarakatperkotaan,
tentuakanberbedadenganmasyarakat yang berada di daerahpedesaan.
Di salahsatukota di ProvinsiJawa Barat,
pemerintahdaerahsetempatmemberikan 14 kriteriabagiseorangkepalakeluargamiskin
yang berhakmenerimaJamkesda (JaminanKesehatan Daerah), antara lain
rumahnyaberlantaitanah, belummemperolehenergilistrik,
rumahnyaberdindingbambu/bilik, makananyabelummemenuhiempatsehat lima sempurna,
dantidakmemilikisarana media hiburansepertitelevisi.
1.2 RumusanMasalah
Berdasarkanlatarbelakangdiatas,
makapermasalahandalampenelitianinidapatdirumuskansebagaiberikut :
a. Apakah
yang dimaksuddenganTingginyaAngkaKemiskinan ?
b. Apa
yang meyebabkanterjadinyaTingginyaAngkaKemiskinan ?
c. BagaimanacaramengatasiTingginyaAngkaKemiskinan
?
1.3 TujuanPenelitian
Adapuntujuanpenelitian
yang diharapkansesuaidenganperumusanmasalahdiatas,
makapenelitianinimempunyaitujuanuntukmengetahui :
a. MengetahuipengertiandariTingginyaAngkaKemiskinan
b. MengetahuipenyebabterjadinyaTingginyaAngkaKemiskinan
c. MengetahuicramengatasiTingginyaAngkaKemiskinan.
1.4 ManfaatPenelitian
Dari
berbagaihal yang telahdiungkapkandiatas,
penelitidiharapkandapatmemberikanmanfaatpenelitiansebagaiberikut :
a. Hasilpenelitianinidiharapkandapatmemberikanmasukandalamrangkamendukungpenelitian
“SemakinMeningkatnyaAngkaKemiskinan”
b. Hasilpenelitianinidiharapkanmemberikanmanfaatdalammemperluaspengetahuan
di bidangKewarganegaraanterutamadalambidangSosial yang terkaitdengan
“SemakinMeningkatnyaAngkaKemiskinan.
1.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Kebijakanmengatasi Tingginya Angka Kemiskinan
Selamainiadaanggapan yang kurangtepat, seolah-olahupayapengentasankemiskinanmerupakantanggungjawabpemerintah.Upayainimerupakantanggungjawabbersamaantarapihakpemerintahdenganseluruhkomponenmasyarakat
Indonesia.Pihakpemerintahhanyaberfungsisebagaifasilitatordan motivator
utamadalammenggerakanrodapembangunan di
setiaplinipembangunanmasyarakat.Olehsebabitu, adabeberapaupayapenanggulanganataukebijakanmengatasiSemakinTingginyaAngkaKemiskinan.BerikutinibeberapakebijakanuntukmengatasiTingginyaAngkaKemiskinan,
yaitu ;
1. Kebijakanyang
bersifatsebagai Motivator Pembangunan Masyarakat
a.
BidangPendidikan, antara lain
wajibbelajar 12tahun, BantuanOperasionalSekolah (BOS),
pemberianbeasiswabagisiswaberprestasi yang kurangmampu.
b.
BidangKesehatan, antara lain
melaluipembentukanPuskesmas (PusatKesehatanMasyarakat), RSUD (RumahSakitUmum
Daerah), danfaksinasimassal.
c.
BidangPerekonomiananataralainmelaluipemberiankreditdenganbungarendahbagipengusahakecildanmenengah
(UKM).
2. Kebijakansecaralangsung
yang diberikankepadamasyarakat
a.
BantuanLangsungSementaraMasyarakat
(BLSM) sebagaibantuankompensasi
b. Pemberianberasdenganhargarendahbagimasyarakatmiskin/raskin.
2.2
KeuntungandanKerugianKebijakan yang ditetapkan
A.
KeuntunganKebijakan
1. Setiapanggotamasyarakat yang
kurangmampumelanjutkansekolahnyabisadapatmelanjutkansekolahnyahinggakejenjangSekolahMenengahAtas
(SMA)
2. Bagisekolah yang fasilitasnyakurangmemadaidapatmenambahkansaranadanprasarana
di sekolahdenganBantuanOperasionalSekolah (BOS) daripemerintah.
3.
Masyarakat yang
membutuhkanperawatankesehatankinidapatdenganmudahmengkonsultasikankesehatannya
di Puskesmas (PusatKesehatanMasyarakat)
4.
Masyarakatjugadenganmudahmendirikanusahakecil-kecilan di rumah.
5.
Masyarakat yang kekuranganbahanpanganpokoksepertiberas,
akanmendapatkanberasraskindaripemerintah.
6.
Masyarakat yang kurangmampudapatmenerimabantuandaripemerintahsecaraberkala.
2.
B. KerugianKebijakan
1.
Kebijakanwajibbelajar 12 tahunbaruberlaku di wilayah DKI Jakarta, belum di
wilayahluar DKI Jakarta
2.
Untukpemasokansaranadanprasaranasekolahmasihkurang, karenauntukmenjangkaukedaerahnyacukupsulit.
3.
Penerimaanbantuandaripemerintahbelummerata.
2.3
KebijakanTidakMelanggarPeraturanPerundang-undangan
Dari
kebijakan yang adadiatas,
sudahjelastidakmelanggarperarturanperundang-undangankarenasudahjelastertuangpadaUUD
1945 Pasal 31 ayat 2 tentangPendidikandanKebudayaan“Setiapwarga Negara wajibmengikutipendidikandasardanpemerintahwajibmembiayainya”.Begitujugatertuangpada
UUD1945 Pasal 34 ayat 3 TentangPerekonomianNasionaldanKesejahteraanNasional“Negara
bertanggungjawabataspenyediaanfasilitaspelayanankesehatandanfasilitaspelayananumum
yang layak”.
2.4
Lembaga yang bertanggungjawabterhadapkebijakantersebut
BerikutiniadalahbagantentangLembaga
yang bertanggungjawab
3.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
a.
Kemiskinanadalahsuatumasalahsosial yang
dimanamasyarakatsudahtidakmampumemenuhikebutuhan-kebutuhanhidupnyadalambatas
minimal
b. Kebijakan yang bersifatsebagai Motivator
Pembangunan MasyarakatdanKebijakansecaralangsung
yang diberikankepadamasyarakat
c.
KeuntungandanKerugianKebijakan
1.KeuntunganKebijakanadalahMasyarakat
yang kurangmampudapatmenerimabantuandaripemerintahsecaraberkala
2.
KerugianKebijakanadalahPenerimaanbantuandaripemerintahbelummerata.
d.
KebijakandiatastidakmelanggarperaturanPerundang-undangandantertuangpada UUD
1945 Pasal 31 dan 34 ayat 2 dan 3.
e.
Jadi, lembaga yang bertanggungjawabataskebijakandiatasadalah Negara
dilimpahkankePemerintahdanLembagaSosial,
PemerintahdilimpahkankepadaMenteriKesejahteraanSosialdanMenteriPerekonomian.
4.
DAFTAR
PUSTAKA
Mulyadi
Yad.2013. Sosiologi SMA kelasXI.Jakarta: Yudhistira.
Nugraheni,Utami,Dwi.2015.Makalah
Seminar Biologi.Jakarta: UniversitasIndraprasta PGRI.
isi makalahnya bagus kak, tapi tanda bacanya gak beraturan kak, spasinya juga gak beraturan, sayang banget, soalnya isinya bagus buat referensi.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus